09/09/2015

Cara Menghilangkan Galau, Stress Dengan Ampuh (Tips Sakti Penghilang Kepikiran Masalah)

Cara Menghilangkan Galau, Stress Dengan Ampuh (Tips Sakti Penghilang Kepikiran Masalah)


Didalam hidup selalu saja ada sebuah masalah yang menerpa hidup kita, dari yang kecil hingga yang terbesar. Masalah-masalah ini membuat pikiran menjadi kacau dan alhasil kita menjadi galau, stres yang tidak karuan. Akibat banyak kejadian tidak enak yang sebenarnya kita tidak inginkan seperti marah-marah kepada anak, teman, istri, maupun murid apabila kita seorang guru. Sungguh tidak baiknya masalah pribadi kita dibawa-bawa kepada orang yang tidak bersalah, yang tidak diinginkan lagi apabila terjadi tindak kekerasan yang akibat pemukulan, penamparan itu bisa membuat beban mental untuk diri korban yang teraniaya.

Alangkah baiknya masalah itu diselesaikan dengan penangan yang benar, dan untuk itu kita menangani masalah pikiran dan perasaan kita yang membuat kita galau dan stress yang terkadang masalah yang kecil saja bisa dibawak besar apabila pikiran kita dan perasaan terasa terbebani, bahasa pergaulannya Baper (Bawa Perasaan).

"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan" (Qs.Al-Anbiya:35).

Ayat diatas menjelaskan bukan keburukan saja yang menjadi cobaan didalam hidup kita, tetapi kebaikan juga adalah cobaan bagi kita. Untuk itulah didalam semua masalah hidup tempat berpulang yang baik hanya kepada Allah (Tempat Curahat Terbaik).

Apabila kita selalu mendekati diri kepada Allah SWT diri kita tidak akan diberikan masalah yang besar dan apabila diberikan masalah itu karena Allah sangat sayang dengan kita, dan yang terjadi Allah malah mengangkat derajat kita.

"Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (didunia), dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka (diakhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan"(Qs.An-Nahl:97).

Sebagai seorang muslim seharusnya kita tidak perlu takut atas masalah-masalah yang menerpa kita yang kita takuti hanyalah Allah semata dan alangkah baiknya kita memohon kepada Allah untuk diangkat semua masalah yang terjadi kepada kita, karena semua masalah itu datangnya atas kehendak Allah dan hilang atas  kehendak Allah SWT.

Alquran adalah pedoman hidup umat manusia, seluruh manusia dimuka bumi. Didalam Alquran ada obat dari segala penyakit baik penyakit fisik maupun penyakit hati. Dan pada zikir membuat diri lebih tenang dengan mengingat Allah. Hanya dengan membaca Alquran dan berzikir kepada Allah hati akan tentram, galau dan stress akan sirna.

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram" (Qs.Ar-Ra'd:28).

Apasaja cara mencegah stress galau menerpa hidup kita, sebenarnya sangatlah mudah apabila kita mengerti bagaimana caranya. Inilah beberapa cara mencegah stress dan galau:


1. Meningkatkan iman dan takwa kepada Allah

2. Shalat 5 waktu

3. Rajin membaca Al-Quran

4. Rajin berzikir

5. Beristighfar disaat ada masalah

Hal-hal diatas sangatlah effektif dalam mencegah diri dari pikiran galau dan stress. Apabila sudah sering dijalankan pikiran akan damai hati akan tentram hiduppun akan bahagia didunia dan diakhirat. Coba lihat disekitar kita orang yang selalu taat ibadah kemesjid dirinya pasti lebih tenang dan tentram dan paling utama dia akan selalu terlihat tidak susah hidupnya.

Orang suka berfikir orang yang sering kemesjid pasti hidupnya susah dan menderita, itu menurut saya salah besar mereka itu bersifat zuhud selalu terlihat sederhana tidak berlebih-lebihan. Banyak orang hidup miskin bertingkah seperti orang kaya, menghambur-hamburkan uang dengan tidak tahu arah tujuan, sebenarnya orang yang seperti itu hidupnya tidaklah bahagia hidup tertipu dengan dunia. sebaliknya orang yang zuhud hidup sederhana hati tenang tidak mengganggu orang selalu berkata-kata baik, sungguh nikmat hidup seperti itu, semoga kita dapat hidup zuhud dengan hati yang tentram dan damai.

Saya telah banyak bercerita entah kemana, maka dari itu saya akan membagikan. Bagaimana cara menghilangkan galau, stress dengan ampuh, dan langsung terasa di diri. Apabila kita mengalami dilanda kegalauan atau stress cepat-cepat lakukanlah hal yang saya beritahu dibawah ini. Insyallah kegalauan dan stress akan sirna dengan cepat. Inilah cara menghilangkan  galau, stress dengan ampuh:

1. Berwudhu dengan segera disaat galau dan stress menerpa, masalah yang terjadi yang membuat diri kita galau atau stress adalah akibat kesalahan dari dosa-dosa kita, maka itu wudhu adalah cara palin effektif untuk menggugurkan dosa-dosa kita.

Dari Abu Hurairah, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu, hingga ia selesai dari wudhunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa" (HR.Muslim no.244).

2. Segeralah mendirikan shalat apabila anda belum melaksanakan shalat.

3. Perbanyak membaca Istighfar, minimal 3 kali

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan setiap kesusahannya, memberi jalan keluar setiap kesukarannya, dan memberinya rezeki tanpa diduga-duga" (HR.Abu Dawud dan Nasa'i).

Itulah  3 cara menghilangkan galau, stress dengan ampuh dengan izin Allah SWT, insyallah segala kesusahan diri kesemerautanpikiran dapat diangkat dan digantikan kebahagian oleh Allah SWT. Amiinn.

Sedikit cerita disaat itu saya mempunyai orang terdekat berinsial R, disaat itu dalam satu hari dia dtimpa berbagai macam kekesalan didalam dirinya dia sangat marah kesel galau, ditambah stress. Disaat itu saya menelpon dia, dan alhasil saya yang tidak tau apa-apa menjadi sasaran kekesalannya, sontak saya kaget dan tersinggung apa maksudnya dia marah-marah. Saya pun menanyakan apa yang terjadi padanya  ternyata dia lagi mengalami kekesalan yang berturut-turut dan akhirnya saya memaksanya menjalani apa yang saya tuliskan diatas dan alhasil dia lebih tenang dan pikirannya lebih tenang dan damai.

Semoga apa yang dibagiakan diartikel ini bermanfaat buat anda semua. Bagikanlah artikel ini kepada teman-teman dan saudara-saudara anda dengan melalu facebook, twiter dan sosial media lainnya supaya kita dapat menjadikan artikel ini ladang pahala untuk kita. Semoga kita selalu diberikan kebahagiaan kedamaian dan ketentraman didalam hati. Amiinn..

No comments:

Post a Comment